Home » » Wanita Kurang Dapat Mengontrol Tekanan Darahnya Dibanding Pria

Wanita Kurang Dapat Mengontrol Tekanan Darahnya Dibanding Pria

Written By Unknown on Minggu, 28 Oktober 2012 | 23.16

Risiko tekanan darah tinggi akan meningkat seiring bertambahnya usia, tetapi penelitian menunjukkan bahwa wanita lebih susah mengontrol tekanan darah tingginya, meskipun telah mengambil obat-obatan dengan jumlah 2 kali lipat dari pria.

"Hal ini cukup mengejutkan mengingat bahwa pria lebih dapat mengontrol tekanan darahnya dibanding wanita, sehingga risiko hipertensi pada wanita yang lebih tua lebih besar dari pria" kata Dr. Norm Campbell, seorang spesialis penyakit dalam dan profesor kedokteran di University of Calgary, seperti dikutip dari canada, Jumat (26/10/2012).

Para peneliti mempelajari beberapa hal seperti indeks massa tubuh, status kesehatan, kondisi sosial-ekonomi dan jenis obat tekanan darah untuk mengetahui mengapa terjadi perbedaan antara pria dengan wanita.

Menurut data survei yang dikumpulkan sejak tahun 2009 sampai 2010, ada beberapa perbedaan biologis antara pria dan wanita yang mempengaruhi kontrol tekanan darah.

Untuk mengetahui perbedaan tersebut, peneliti kembali melakukan survei dan pemeriksaan fisik terhadap pria dan wanita yang berusia 60 sampai 79 tahun. Baik kelompok pria maupun wanita dinyatakan memiliki proporsi tekanan darah tinggi yang sama, yaitu sekitar 60 persen.

Peserta penelitian juga sama-sama mengambil obat tekanan darah yang diresepkan dokter. Hasilnya menunjukkan bahwa sekitar 30 persen wanita tidak mampu mengontrol hipertensi, yang lebih banyak dibandingkan dengan pria yang hanya 17 persen, meski keduanya menggunakan obat yang sama.

Tekanan darah tinggi meningkatkan risiko seseorang terhadap stroke dan penyakit jantung. Penyebab utama tekanan darah tinggi adalah gaya hidup yang tidak sehat seperti terlalu banyak makan garam, kurang berolahraga, kelebihan berat badan, dan minum minuman beralkohol.

Kebanyakan wanita seringkali mengadopsi gaya hidup yang tidak sehat dibanding pria, sehingga hal inilah yang mungkin menjadi alasan mengapa di usia tua wanita lebih susah mengontrol tekanan darahnya daripada pria.

"Oleh karena itu, pihak dokter maupun keluarga dari wanita yang lebih tua dengan tekanan darah tinggi harus menyadari perbedaan tentang keberhasilan pengobatan antara pria dan wanita, sehingga perawatan pada wanita harus lebih disegerakan dan dioptimalkan," kata Campbell.

Studi tersebut dipublikasikan dalam jurnal Statistics Canada's Health Reports edisi bulan Oktober.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Suara Islam Khatulistiwa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger